Sebuah activities pada dasarnya adalah focus kepada apa yang end user sedang lakukan. Sebagai contoh misalnya: sebuah menu yang tertampil dan end user dapat melakukan pilihan terhadap menu tersebut. Activity pada Android merupakan hal yang sangat penting, dimana activity merupakan implementasi daripada class Activity itu sendiri.
                Hampir semua activity berhubungan langsung dengan end user aplikasi kita. Kebanyakan activity kita mencakup 2 method seperti:
-          OnCreate : method ini adalah ketika sebuah activity tercreate.
-          OnPause : method ini ketika end user semisal berpindah aplikasi, yang menyebabkan activity pada aplikasi kita terhenti sementara.
        Sebuah activity itu sendiri memiliki paling tidak empat status/kondisi:
-          Active/running : activity sedang tertampil pada layar utama.
-          Paused : activity terlostfocus akan tetapi sebenarnya activity kita masih hidup.
-          Stopped : suatu kondisi dimana activity kita berhenti. Dan memory yang dipakai oleh activity kita akan dihapus oleh system android.
-          Create and Resuming : merupakan suatu kondisi dimana dari kondisi sebelumnya apakah Paused atau Stopped. Ketika activity tersebut dipanggil dan tertampil dilayar, maka activity tersebut akan tercreate kembali (jika sebelumnya dalam kondisi Stopped), dan akan ter Resume (jika kondisi sebelumnya adalah Paused).