Pascal bermula berkat desain Algol – bahasa pertama dengan sintak yang mudah dibaca, terstruktur, dan terdefinisi dengan sistematis. Pada tahun 60-an, beberapa proposal untuk sebuah penerus evolusioner setelah Algol sedang dikembangkan. Yang paling sukses adalah Pascal, diicetuskan oleh Prof. Niklaus Wirth. Wirth mengenalkan definisi Pascal yang asli di tahun 1971. Itu diterapkan   di tahun1973 dengan beberapa modifikasi. Banyak fitur-fitur Pascal berasal dari bahasa sebelumnya. Seperti case statement, dan value-result parameter passing datang dari Algol, dan  struktur record mirip dengan Cobol and PL 1. Di samping membersihkan atau meninggalkan beberapa fitur Algol's yang tak jelas, Pascal menambah kemampuan untuk mendefinisikan tipe data baru yang lebih simpel dari yang sudah ada. Pascal juga mendukung struktur data dinamis, dimana struktur data bisa membesar dan mengecil sambil program berjalan. Bahasa tersebut didesain sebagai alat pembelajaran untuk murid-murid kelas pemrograman.

Pada tahun 1975, Wirth dan Jensen menciptakan buku referensi ultimate Pascal "Pascal User Manual and Report". Wirth menghentikan pekerjaan Pascalnya di tahun 1977 untuk membuat bahasa baru, Modula - penerus Pascal.

Borland Pascal         
Dengan keluarnya Turbo Pascal 1.0 di bulan November 1983, Borland memulai sepak terjangnya  menuju dunia pengembangan environments dan tools. Untuk membuat Turbo Pascal 1.0 Borland  melisensikan core Pascal compiler yang cepat dan tidak mahal, ditulis oleh Anders Hejlsberg. Turbo Pascal mengenalkan sebuah Integrated Development Environment (IDE) dimana kamu bisa mengedit kode, menjalankan compiler, melihat error yang terjadi, dan lompat menuju baris berisi error tersebut. Compiler Turbo Pascal telah menjadi seri compiler terlaris dibanding masa-masa sebelumnya, dan membuatnya bahasa yang paling populer terutama untuk platform PC.    

Pada tahun 1995 Borland membangkitkan kembali versi Pascal saat mereka mengenalkan lingkungan pengembangan aplikasi yang cepat bernama Delphi - mengubah Pascal menjadi bahasa pemrograman visual. Strateginya adalah dengan membuat tool database terkonektivitas dengan bagian pusat produk Pascal yang baru.