Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk,yaitu tulisan (huruf,angka,symbol khusus),image (dalam bentuk grafik atau gambar),suara ,dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia,sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari computer.
Peralatan output dapat berupa:
• Hard-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
• Soft-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang
berupa sinyal elektronik.
Drive device atau driver,yaitu alat yang digunakan untuk merekam symbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape.Alat ini berfungsi ganda,sebagai alat output dan juga sebagai alat input.
Output bentuk pertamasifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas dari alat output dan dapat dibawa ke mana-mana).Alat yang umum digunakan untuk ini adalah printer,plotter,dan alat microfilm.Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display,flat panel,dan speaker.Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media magnetic disk adalah disk driver,dan yang mengguanakn media magnetic tape adalah tape driver.
3. 1 Printer
Klasifikasi dasar printer adalah :
a. Character printer yang mencetak satu karakter setiap kali.Contohnya yang paling umum adalah dot matrix printer.
b. Line printer yang mencetak seluruh baris setiap kali.
c. Page printer (image printer) yang mencetak seluruh halaman setiap kali.
Metode dasar penghasilan cetakan:
a. Impact atau non-impact printing.Impact printer memukulkan atau membenturkan pita tinta ke kertas,sedangkan non-impact printer menggunakan metode printer lain,misalnya thermal atau elektrostatik.
b. Shaped character printing atau dot-matrix printing.Shaped character printing mempunyai hasil cetakan yang lebih baik dari dot-matrix printing.
Kecepatan cetak (print speed):
a. Low speed (kecepatan rendah) : 10 cps / 300 lpm
Dot matrix impact character printer.Ini adalah jenis printer berkecepatan rendah yang paling sering digunakan,dan sering disebut dengan nama “dot matrix printer”.
Daisywheel printer.Ini adalah jenis lain printer berkecepatan rendah yang terkenal,yang akan digunakan jika kita memerlukan kualitas cetakkan yang tinggi.
Inkjet printer.Ini adalah printer berkecepatan rendah yang tidak gaduh,karena menggunakan cara penembakan percikan tinta yang sangat halus ke atas kertas.
b. High speed (Kecepatan tinggi) : 300 lpm – 3000 lpm
Line printer.Ini adalah impact shaped-character printer yang mencetak keseluruhan baris setiap kalinya.
Page printer.Ini adalah printer yang mencetak tampilan sebesar halaman penuh setiap kalinya.
3. 2 Graph Plotter
Graph plotter digunakan untuk tujuan (penggunaan) ilmiah dan perekayasaan.Salah satu aplikasi khususnya adalah CAD (Computer Aided Design),dimana desain mesin atau arsitektural diciptakan oleh computer dan dikeluarkan (outputnya pada graph plotter).
Perangkat ini memberikan bentuk output yang sama sekali berbeda,dan ia mempunyai keragaman aplikasi.Dua jenis dasarnya adalah:
a. Flatbed type.Penanya bergerak keatas,turun,menyilang,atau menyamping.
b. Drum type.Penenya bergerak keatas,turun,dan menyilang. Kertasnya bergerak menyamping.
3. 3 Monitor
A. PEMBAGIAN MONITOR BERDASARKAN JENIS
Pada dasarnya monitor terbagi 3 kelompok yaitu :
1. Monitor Digital
2. Monitor Analog
3. Monitor Multiscaning
1. MONITOR DIGITAL
Monitor digital adalah monitor yang menggunakan sinyal digital dalam pengiriman data dari video card ke monitor.Sinyal digital ini adalah sinyal yang diwakili oleh data 0 dan 1.Yang termasukan monitor jenis ini adalah monitor Monochrome Display Adapter (MDA),Color Graphic.Adapter (CGA) dan Enhanced Graphic Adapter (EGA). Monitor monochrome mendukung hanya modus 7 (teks 80x25).Ukuran characternya 9x14,jumlah scan line 350 baris dan nomor portnya 380 Hex sampai 3BB Hex.Monitor CGA diperkenalkan pada tahun 1981 (IBM PC) mendukung modus grafik 4 warna dan modus teks 16 warna.
Jumlah scan line 200 baris,ukuran character-nya 8x8,dan nomor portnya 3D0 hex sampai 3DF Hex.Monitor EGA memiliki resolusi maksimum 640x480 dengan 2 warna.Memiliki nomor port 3C0 Hex dan jumlah scan line 350 baris sehingga dapat menampilkan character dalam ukuran 8x14.
2. MONITOR ANALOG
Monitor analog adalah monitor yang menggunakan sinyal analog dalam pengiriman datanya.Sinyal analog adalah sinyal yang dapat berisi sembarang nilai antara nilai maksimum dan minimum.Contoh monitor analog adalah Video graphic Array Adapter (VGA)yang dikenalkan pada IBM PS/2.Nomor portnya sama dengan EGA,scan line 400 baris sehingga dapat membentuk ukuran character 9x16. Resolusi maksimum adalah 640x480 dengan 16 warna.
3. MONITOR MULTISCANING
Monitor multiscaning adalah monitor yang dapat menerima dua bentuk sinyal,digital ataupun analog.Monitor ini menggabungkan kemampuan yang dimiliki monitor analog dan monitor digital,sehingga dapat dipasangkan dengan video card yang bermacam-macam.Mendukung modus Super VGA,modus yang lebih tinggi dari modus yang dimiliki VGA.