Android tentu saja sangat menarik, terlebih Android merupakan ide daripada Google dan didukung oleh beberapa perusahaan besar seperti Acer, HTC, Dell, LG, Samsung, Motorola, ingin membuat satu platform yang tangguh dan terbuka, sehingga sangat saying jika kita tidak mempelajari Android. Beberapa hal yang menjadi alasan supaya kita belajar Android seperti berikut ini:
-          Terbuka (open source), platform terbuka yang berdasarkan pada Linux yang merupakan platform terbuka juga. Hal ini menjadikan kita dapat mempelajari, membuat, dan mengkustomasi menggunakan platform Android tanpa membayar royalti sepeserpun. Sehingga secara otomatis platform ini tidak dimiliki oleh pihak manapun juga, berbeda jika seperti Windows Phone 7 sebagai
contoh, merupakan closed source dan kode program hanya dimiliki oleh perusahaan Microsoft saja.
-          Portabilitas yang tinggi, karena semua program ditulis dengan bahasa pemrograman Java. Ingat, semboyan Java write once read many. Tentunya Androi mempunyai hal seperti Java Virtual Machine. Jadi gampangnya, program yang kita tulis harusnya dapat di jalankan pada berbagai macam platform device.
-          Menyediakan kualitas suara dan grafik yang tinggi, karena di dalam mesin Android sudah ter-built in standar suara dan video seperti MP3, AAC. pun telah didukung oleh platform terbuka juga seperti OpenGL.
-          Android juga menyediakan berbagai macam library/services yang dapat digunakan seperti: fungsi browser, peta, GPS, konektivitas SQL Database. Jadi kita tidak perlu membangun dari awal.
-          Karena terbuka, Android menyediakan Software Development Kit gratis, pun didukung Integrated Development Environment seperti Eclipse, yang juga terbuka. Bayangkan, kita diberi SDK gratis dan bahkan diberi juga alat untuk memudahkan kita dalam membangun program kita dengan lebih cepat. Sebagai contoh jika kita bandingkan jika kita menjadi developer untuk platform windows phone 7, tentunya kita harus membeli IDE seperti .Net dengan harga yang cukup mahal.
-          Didukung oleh puluhan ribu aplikasi baik gratis, trial, dan berbayar. Yang saya suka dari Android, bahwa Google telah menyediakan satu wadah sebagai jembatan yaitu Android Market. Karena hanya satu wadah ini, menjadikan semua aplikasi yang didistribusikan telah di seleksi oleh team Google dan jika telah lolos di publish di Android Market.