1.  Android Business Model

Didalam persaingan bisnis teknologi informasi yang semakin ketat, google-android mencoba melihat secara lebih detail lagi, mengenai bisnis model apa yang dapat dikembangkan. Google berasumsi bahwa akan ada kesempatan besar untuk sebuah aplikasi 3rd party untuk dapat memenuhi kebutuhan user dan mendukung kinerja sebuah device. Google memanfaatkan pasar open source, sehingga para pengembang dapat melakukan perbaikan-perbaikan bahkan menciptakan aplikasi pendukung yang baru untuk android. Platform akan terus berkembang sesuai dengan komunitas yang saling berinteraksi dan menghasilkan aplikasi mobile yang lebih inovatif. Android bersifat multiple platform, sehingga dapat digunakan diperangkat smartphone yang berbeda-beda. Semua aplikasi yang dibuat adalah sama, maksudnya android tidak membedakan antara phone core aplikasi dengan 3rd party aplikasi. Device yang menggunakan platform android, memberikan full akses kepada pemakainya untuk dapat memodifikasi handset mereka sesuai dengan keinginan.

2.  Android Mobile Strategy

Hal ini merupakan hal lain yang menakjubkan, atau dapat juga sekaligus menjadi hal menakutkan, tergantung pada satu perspektif, yang menampilkan teknik dan kekuatan sumber daya bisnis Google yang dapat mempengaruhi, mengganggu dan mengatur kembali pasar.

Singkatnya, Google mengembangkan aplikasi yang bernama Android, sebuah open source platform yang dapat bersaing di barisan bisnis operating system.

“Ini penting bahwa mereka tidak membangun Google phone yang sebenarnya,” kata Gartner, seorang analis Ken Dulaney, mengacu pada efek rumor itu. Langkah seperti itu akan membuat marah banyak mitra potensial. “Itu akan menjadi bencana.”

Android memiliki set lengkap komponen, termasuk Linux berbasis sistem operasi, middleware stack, user interface yang dapat disesuaikan dan aplikasi. Google membayangkan bahwa dengan Android, developer akan membanjiri pasar ponsel dengan aplikasi dan layanan online yang dapat ditulis sekali dan digunakan di banyak ponsel.

Strategi Android mobile ini bertujuan untuk meningkatkan secara radikal penciptaan, penyampaian dan penyediaan layanan online mobile dan aplikasi, dengan harapan bahwa ketika orang menemukan pengalaman yang lebih memuaskan, penggunaan mobile web dan internet mereka akan bertambah bersamaan dengan pendapatan iklan online.

3.  Strategi Android meraih pasar RIM dikalangan Enterprise

Perkembangan Google Android mobile OS sedang menuju arah Enterprise. Research In Motion masih memimpin. Tapi Google membawa banyak potensi yang memungkinkan untuk secara bertahap mengikis kepemimpinan RIM.

Laporan terakhir menunjukkan bahwa masa depan Android berbasis perangkat seluler akan segera menuju ke Enterprise. Google berencana untuk memiliki lebih banyak perusahaan aplikasi yang tersedia untuk pengguna dan untuk mengintegrasikan Google Docs dengan lebih efektif ke dalam telepon. Itu visi yang berharga dan jika dilakukan dengan benar, kemungkinan besar Android bisa mengalahkan smartphone BlackBerry di area corporate.

Pada saat ini, seperti prediksi yang mungkin akan menyebabkan beberapa pertanyaan serius tentang bagaimana hasil yang akan mungkin terjadi. Sekarang, Pembuat BlackBerry Research In Motion merupakan pemimpin dalam pasar smartphone dengan skala yang besar. Para pesaingnya, hanya Apple telah mampu menarik pelanggan korporat secara signifikan. Dan meskipun Windows Mobile smartphone sempat memegang peranan di enterprise, perangkat keras dan perangkat lunak yang tidak mendukung telah menggeser peran pentingnya di pangsa pasar. Sementara itu, Android belum membuat marking di enterprise. Untuk sebagian besar, Android telah berusaha untuk menarik perhatian konsumen.

Menurut Andy Rubin, direktur Google mobile, mengatakan kepada reuters, dia percaya bahwa enterprise akan menjadi focus utama di masa yang akan datang. Meskipun perusahaannya masih tertinggal jauh dari kompetitornya, dia yakin untuk dapat mengalahkan bisnis RIM, dengan alasan:

-  Android Market

Aplikasi dapat benar-benar mengubah perusahaan atau enterprise. Berbagai aplikasi yang dirancang khusus untuk pengguna bisnis dapat mengakibatkan perbaikan yang serius untuk Android di dunia usaha. Memang, RIM memiliki toko app juga, tapi sejauh ini, Android telah lebih dari dua kali lebih banyak aplikasi yang, setidaknya sekarang, jauh lebih menarik. Itu salah satu keuntungan utama Android. Dan tidak dapat diabaikan.

-  Android is open source

Kita tidak bisa mengabaikan fakta bahwa Android merupakan open source. RIM adalah satu-satunya perusahaan yang mengendalikan BlackBerry, yang berarti hanya para pengambil keputusan memutuskan apa yang akan didapatkan oleh perusahaan. Android memungkinkan setiap vendor untuk menciptakan Android dengan pengalamannya masing-masing. Jika Motorola mendengarkan pelanggan korporat yang menginginkan fitur tethering, push e-mail dan beberapa fitur lainnya, hal itu dapat membangun fitur-fitur tersebut kedalam telepon yang dirancang khusus untuk para pengguna tersebut. Vendor dapat melakukan apa yang mereka inginkan, bagaimana mereka inginkan. Hal ini sangat menarik bagi pelanggan bisnis.

-  Remember Chrome OS

Google Chrome OS mungkin pertama dimulai sebagai sebuah sistem operasi untuk netbook. Data yang dibuat dengan Google Chrome, dapat ditransfer ke android untuk keperluan mobile.

-  Google Docs

Google Docs adalah komponen yang sangat penting dari strategi Google untuk Android. Perusahaan ini mencoba untuk mendorong pada pelanggan dalam kampanye iklan baru, menyoroti fakta bahwa, bagi banyak perusahaan, Google Docs mungkin saja cukup. Microsoft Office adalah program yang kuat, tetapi seperti Google Docs yang terus ditingkatkan dan membuat integrasi yang lebih baik dengan android, bisa menjadikan ancaman bagi MS Office.

-  Ubiquity

Dengan nilai jual yang lebih murah, hal ini akan membuat perhatian para distributor yang mengharapkan profitable return dengan menjual ponsel android. Hal ini akan membuat jumlah unit android semakin bertambah, dan ada dimana-mana memenuhi pangsa pasarnya.

-  RIM’s Advantage aren’t unique

Salah satu masalah terbesar yang dihadapi BlackBerry hari ini adalah mereka tidak membedakan keuntungan yang diberikan oleh fitur produk RIM. Tentu, BlackBerrys saat ini yang terbaik ketika berhubungan dengan push e-mail, dan BlackBerry Enterprise Server yang fantastis. Tapi tidak menutup kemungkinan jika Android memberikan keuntungan dengan perangkat berbasis teknologi yang sama.

-  Android looks to the future

Katakanlah apa yang akan Anda tentang iPhone, tetapi telah menarik pelanggan perusahaan. Ketika duduk di sebelah BlackBerry Bold di AT & T toko, tampak futuristik. Sepertinya generasi berikutnya. Dan itu menarik bagi apa yang orang inginkan-sebuah layar sentuh dengan fitur menarik. Android berbasis perangkat Apple telah memiliki jawabannya. Mereka tampak seperti masa depan mereka. Mereka pembanding kepada para pengguna. Hal ini dapat menjadi penting di masa depan.

-  More updates to come

Rubin Google baru-baru ini berbicara kepada Reuters bahwa perusahaan berencana untuk merilis update software Android dua kali setahun dari sekarang. Mereka pembaruan harus membawa upgrade besar dan fitur-fitur baru. Itu bisa menjadi keuntungan bagi perusahaan. Pelanggan akan dapat memiliki fitur yang mereka inginkan.

-  The outdated blackberry

Blackberry memiliki update yang lambat. Seperti yang ditemukan pada versi blackberry sebelumnya, yang gagal untuk memberikan input style yang mudah seperti pada iPhone dan Android-based phone.

-  It’s Google

Faktor pendukung seperti pendanaan, alat-alat online yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam platform mobile, membuat Google, secara sederhana, memiliki kemampuan untuk merevolusi ruang.