Google Mobile Service (GMS)
Android yang dilengkapi dengan GMS didukung penuh oleh Google. Pada ponsel Android tersebut telah dilengkapi fasilitas-fasilitas yang terhubung dengan Google Account. Beberapa aplikasi tersebut misalnya, Gmail, Google Contact, Google Calendar, dan Youtube. Ponsel ini juga sudah dibenami oleh Android Market, dimana pengguna dapat membeli dan mengunduh aplikasi-aplikasi Android untuk ponselnya.
Open Handset Distribution (OHD)
Sistem operasi Android OHD atau biasa dikenal juga dengan Android “Indie” ini memiliki fungsi sangat mendasar. Sistem operasi ini dikembangkan sendiri secara kreatif tanpa dukungan dari Google, dan tak ada Android Market distribusinya pun benar-benar bebas. Namun pengguna masih dapat mengakses fungsi-fungsi
dasar dari ponsel layaknya smartphone lain.
Mengenal Android Market tak perlu khawatir, hal ini dapat diakali oleh para gadget freak dengan cara crack, mengganti ROM atau hal-hal lain. Beberapa developer pun telah membangun portal aplikasi Android sendiri. Dari portal tersebut pun kita dapat membeli atau mengunduh berbagai aplikasi, dan tak sedikit juga aplikasi tersebut juga ditawarkan pada Android Market.

Sumber: Kupas Tuntas Android Dari Nol Sampai Mahir, oleh Endah Tri Utami, penerbit: Gudang Ilmu, Jakarta, 2011.