Versi Android

Android 1.5-Cupcake
Dalam versi ini terdapat fitur merekam video dengan mode kamera. Cupcake ini sendiri menggunakan Linux Kernel 2.6.27. Pengunggahan video ke youtube dan gambar ke Picasa dapat langsung dilakukan dari ponsel. Selain itu, ponsel juga sudah didukung dengan Bluetooth A2DP yang memiliki kemampuan untuk terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth. Dari sisi layar, animasi dan keyboard virtual dapat disesuaikan dengan system. Softkeypad tersebut sudah dilengkapi juga dengan fitur autocomplete. Berbagai widget baru dengan

Kenapa Harus Android?


                Android tentu saja sangat menarik, terlebih Android merupakan ide daripada Google dan didukung oleh beberapa perusahaan besar seperti Acer, HTC, Dell, LG, Samsung, Motorola, ingin membuat satu platform yang tangguh dan terbuka, sehingga sangat saying jika kita tidak mempelajari Android. Beberapa hal yang menjadi alasan supaya kita belajar Android seperti berikut ini:
-          Terbuka (open source), platform terbuka yang berdasarkan pada Linux yang merupakan platform terbuka juga. Hal ini menjadikan kita dapat mempelajari, membuat, dan mengkustomasi menggunakan platform Android tanpa membayar royalti sepeserpun. Sehingga secara otomatis platform ini tidak dimiliki oleh pihak manapun juga, berbeda jika seperti Windows Phone 7 sebagai

Perbedaan Antara Android Original dan OHD

Google Mobile Service (GMS)
Android yang dilengkapi dengan GMS didukung penuh oleh Google. Pada ponsel Android tersebut telah dilengkapi fasilitas-fasilitas yang terhubung dengan Google Account. Beberapa aplikasi tersebut misalnya, Gmail, Google Contact, Google Calendar, dan Youtube. Ponsel ini juga sudah dibenami oleh Android Market, dimana pengguna dapat membeli dan mengunduh aplikasi-aplikasi Android untuk ponselnya.
Open Handset Distribution (OHD)
Sistem operasi Android OHD atau biasa dikenal juga dengan Android “Indie” ini memiliki fungsi sangat mendasar. Sistem operasi ini dikembangkan sendiri secara kreatif tanpa dukungan dari Google, dan tak ada Android Market distribusinya pun benar-benar bebas. Namun pengguna masih dapat mengakses fungsi-fungsi

Memahami Activities Android


                Sebuah activities pada dasarnya adalah focus kepada apa yang end user sedang lakukan. Sebagai contoh misalnya: sebuah menu yang tertampil dan end user dapat melakukan pilihan terhadap menu tersebut. Activity pada Android merupakan hal yang sangat penting, dimana activity merupakan implementasi daripada class Activity itu sendiri.
                Hampir semua activity berhubungan langsung dengan end user aplikasi kita. Kebanyakan activity kita mencakup 2 method seperti:
-          OnCreate : method ini adalah ketika sebuah activity tercreate.
-          OnPause : method ini ketika end user semisal berpindah aplikasi, yang menyebabkan activity pada aplikasi kita terhenti sementara.
   

Tips Menghemat Baterai pada Ponsel Android

Ada beberapa cara untuk melakukan penghematan baterai. Salah satunya melalui menu setting, matikan koneksi-koneksi nirkabel yang sedang tidak digunakan seperti WiFi dan Bluetooth. Jika tidak menggunakan koneksi data terus-menerus, ada baiknya juga menonaktifkan “Always-On” Mobile Data. Masuk ke opsi Settings > Wireless & network > Mobile networks, kemudian hilangkan tanda centang pada Enable always-on mobile data. Ketika non aktif, Anda tetap mendapatkan push Gmail, serta MMS, SMS dan telepon seperti biasa.
Tips lain dalam penghematan baterai adalah dengan mematikan aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan

Alat/Tools untuk membangun Aplikasi di Android


                Semua aplikasi Android dibangun dengan Java, artinya sebenarnya bahwa Android bukan merupakan bahasa pemrograman akan tetapi hanya menyediakan ‘lingkungan hidup’ atau runtime environment saja. Jadi secara singkat, runtime environment pada Android yang disebut Dalvik Virtual Machine merupakan Java Runtime Environment yang telah dioptimasi untuk device/alat dengan sistem memori yang kecil. Akan tetapi tetap untuk membangun aplikasi Android kita membutuhkan JDK.
                Jadi alat yang kita butuhkan untuk membangun sebuah aplikasi Android sebenarnya hanya dengan menggunakan Teks Editor biasa seperti Notepad pada Windows, atau menggunakan teks editor lain. Namun

Konsep Android

Sebenarnya untuk bisa memprogram di lingkungan Android, kita seharusnya telah mengenal pemrograman Java yang merupakan sebuah bahasa pemrograman yang sangat object oriented. Android hanya menyediakan lingkungan runtime/sebagai interpreter dimana kode sumber yang telah kita compile dengan compiler Java akan dioptimasi oleh Dalvik, sebuah virtual mesin yang memang dibuat khusus untuk menjalankan kode-kode program yang kita buat dengan bahasa pemrograman Java yang tentunya berbentuk sebuah class, dan telah dikompilasi oleh compiler Java. Kemudian oleh dex tools akan merubah ke lingkungan native yang berbentuk *.dex format, yang mana *.dex format merupakan file Dalvix executeable yang teroptimasi untuk lingkungan hardware dengan komputasi yang rendah. *.dex format tersebut di jalankan secara utuh oleh Dalvik.

Keunggulan Ponsel Android


1.       Multitasking: sistem operasi ini memungkinkan untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Misalnya browsing, mendengarkan music dan chatting secara bersamaan.

2.       Custom Home Screen: Fitur ini sebenarnya juga ada pada sistem operasi Windows Mobile dan Symbian. Pada Android, Anda akan mendapatkan paket bundle homescreen default yaitu analog clock, calendar, music player, picture frame, dan search engine. Selain itu Android juga mendukung widgets dari pihak ketiga melalui built in application bazaar.

                Kelebihan lain dari Homescreen ini adalah kemudahannya dalam notifikasi. Setiap ada SMS, Email atau artikel baru dari RSS Reader maka akan tampil indicator notifikasi pada Home Screen. Sehingga tidak akan ada SMS, E-mail, ataupun Missed Call yang terlewatkan.

Layout Manager

Layout Manager juga bisa disebut sebagai container/wadah yang mengatur daripada layout setiap widget yang berada di dalamnya. Layout manager yang dikenal pada Android seperti :
- Linear Layout : bertugas untuk mengatur setiap widget didalamnya, dalam format horizontal atau vertical.
- Relative Layout : bertugas untuk mengatur jarak antar widget ataupun dengan containers/layout itu sendiri secara relative.
- Table Layout : bertugas mengatur setiap widget di dalamnya dalam format tabular/table.
- Absolute Layout : bertugas mengatur setiap widget sesuai dengan letak koordinat yang ditentukan.

Android Competitive Advantage


1.  Android Business Model

Didalam persaingan bisnis teknologi informasi yang semakin ketat, google-android mencoba melihat secara lebih detail lagi, mengenai bisnis model apa yang dapat dikembangkan. Google berasumsi bahwa akan ada kesempatan besar untuk sebuah aplikasi 3rd party untuk dapat memenuhi kebutuhan user dan mendukung kinerja sebuah device. Google memanfaatkan pasar open source, sehingga para pengembang dapat melakukan perbaikan-perbaikan bahkan menciptakan aplikasi pendukung yang baru untuk android. Platform akan terus berkembang sesuai dengan komunitas yang saling berinteraksi dan menghasilkan aplikasi mobile yang lebih inovatif. Android bersifat multiple platform, sehingga dapat digunakan diperangkat smartphone yang berbeda-beda. Semua aplikasi yang dibuat adalah sama, maksudnya android tidak membedakan antara phone core aplikasi dengan 3rd party aplikasi. Device yang menggunakan platform android, memberikan full akses

Mengenai Aplikasi

Perkembangan Perangkat Lunak Paket Aplikasi
Sejak beredarnya computer personal,telah ribuan macam perangkat lunak untuk bermacam-macam keperluan aplikasi tersedia di pasaran guna memenuhi kebutuhan para pemakai computer.
1976. Electric Pencil.
Pada tahun ini, Michael Shrayer memperkenalkan suatu program pengolah kata (word processor) yang diberi nama Electric pencil. Electric pencil pada mulanya hanya untuk computer mikro altair saja, tetapi kemudian dikembangkan untuk komputer mikro yang lainnya dan sejumlah alat cetak (printer), semuanya sampai dengan 78 versi. Electric pencil tidak dapat menembus pasaran karena kurang popular. Electric pencil merupakan paket pengolah kata yang pertama dan sampai 2 tahun kemuduan merupkan paket pengolah kata satu-satunya yang beredar dipasaran.
1979. Word Star

Sistem Operasi


Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari computer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri.
Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.
1 Fungsi Dasar
Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi,

Pembagian Monitor Berdasarkan Adapter Video

Perkembangan Adapter video mulai dari yang pertama monitor monochrome dan berlanjut dengan diciptakan adapter video untuk monitor XVGD(Extended Video Graphics Display) hingga kini mengalami beberapa tahapan sebagai berikut :
1. Monocrome Display Adapter (MDA)
MDA merupakan suatu adapter video untuk jenis 1 warna (biasanya hijau) dan hanya mempunyai resolusi 80 kolom x 25 baris saja,dan hanya dapat mengolah data teks tidak dapat mengolah grafik.Di peta memori computer PC,memori MDA terletak pada segmen B000 Hex,sebesar 4 Kb.
2. Color Graphics Adapter(CGA)
CGA dikembangkan sejak tahun 1981.CGA mendukung modus grafik dan dapat menampilkan warna,baik pada modus teks ataupun modus grafik.Resolusi tertinggi 640x200 baris.Di peta memori computer PC,memori CGA terletak pada segmenB800 Hex,sebesar 16 Kb.

Pembagian Monitor Berdasarkan Teknologi


Berdasarkan teknologinya,monitor dapat dibagi atas :

1. Monitor Super VGA

2. Monitor Radiasi Rendah (Low Radiation)

3. Monitor Hemat Energi (Green Monitor)

4. Monitor Multi Fungsi

1. MONITOR SUPER VGA

Monitor Super VGA lebih baik dari VGA,memiliki dot pitch lebih kecil dari VGA dan mendukung resolusi yang lebih tinggi.Tidak ada standar untuk monitor Super VGA sehingga tidak jarang dijumpai 2 monitor Super VGA yang tidak sama resolusinya. Tidak standarnya monitor Super VGA diikuti oleh tidak standarnya video card yang mendukung Super VGA,seperti : Tseng ET-4000,Trident,Oak Technology dan lain-lain.Masing-masing card mempunyai nomor modus tersendiri dan tidak seragam seperti halnya modus monochrome hingga

Output Device

Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk,yaitu tulisan (huruf,angka,symbol khusus),image (dalam bentuk grafik atau gambar),suara ,dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form).Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia,sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari computer.
Peralatan output dapat berupa:
• Hard-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film.
• Soft-copy device,yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang

MEMORY SEKUNDER ( SECONDARY MEMORY )


Memory sekunder, dipergunakan untuk menyimpan data, informasi, dan program secara permanen sebagai berkas atau file. Contoh memory sekunder adalah floppy disk, hard disk, zipdrive, CD-Rom, DVD, dan lain-lain. Sebagian besar memory sekunder saat ini berbentuk disk/cakram/piringan. Operasi terhadap data, informasi, dan program dilakukan dengan perputaran disk. Satu putaran piringan disebut RPM ( Rotation Per Minute ). Semakin cepat perputaran, maka waktu akses akan semakin singkat. Hal ini mengakibatkan semakin besar tekanan terhadap disk dan semakin besar panas yang dihasilkan. Jenis memory sekunder yang akan digunakan akan menentukan kecepatan akses dan metode akses data. Beberapa contoh ukuran kecepatan memory sekunder adalah sebagai berikut.

Pre-IDE : Memiliki kecepatan 3600 RPM

Peralatan Input

Beberapa alat input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga sebagai alat output untuk menghasilkan data. Alat input/ouput demikian dikenal dengan terminal. Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung. Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal melalui alat komunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry (RJE) terminal atau Remote Batch terminal.
Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih

ARSITEKTUR KOMPUTER


Sampai saat ini komputer sudah mengalami perubahan dari model awalnya, walaupun begitu semua komputer memiliki arsitektur dasar yang sama. Skema computer (computer schema), adalah diagram yang menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat dalam semua system komputer.


1. Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem computer yang lain dan mengubah input menjadi output.

Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program.

ARSITEKTUR JARINGAN CDMA

 
• Mobile Station (MS)
Mempunyai fungsi utama untuk membentuk, memelihara hubungan (voice dan data) dengan jaringan. MS membentuk hubungan dengan meminta kanal radio dari AN. Setelah hubungan terbentuk MS bertanggung

ARSITEKTUR JARINGAN GPRS







 


























Pada gambar di atas terlihat bahwa jaringan GPRS merupakan bagian dari jaringan GSM (beberapa bagian dalam jaringan GPRS dipakai untuk komunikasi suara). Berikut penjelasan bagian-bagian dalam gambar tersebut :



·         MS – Mobile Station

MS dapat dikatakan perangkat selular yang terhubung langsung dengan jaringan GSM, yaitu SIM (Subscriber Identify Module) Card dan perangkat keras seperti telepon selular, PDA, perangkat komputer yang terhubung menggunakan jaringan GPRS. Dalam tulisan ini yang dimaksud dengan MS adalah lebih mengarah kepada komputer yang terhubung ke jaringan GPRS dengan menggunakan GPRS Modem (telepon selular).



·         BSS – Base Station System

BSS terdiri dari BTS (Base Transceiver Station) dan BSC (Base Station Controller). Di BSS sinyal radio dari BSS akan diterima oleh BTS dan selanjutnya diteruskan ke BSC. BSC menangani sinyal yang dikirimkan oleh beberapa BTS.



·         HLR – Home Location Register

HLR adalah database yang menyimpan data pengguna jaringan GPRS. Informasi yang disimpan dalam HLR misalnya APN (Access Point Name).



·         VLR – Visitor Location Register

VLR adalah database yang berisi informasi semua MS yang sedang terhubung dengan GPRS.



·         SGSN – Serving GPRS Support Node

SGSN adalah komponen utama jaringan GPRS. SGSN akan meneruskan paket data dari/ke MS.



·         GGSN – Gateway GPRS Support

GGSN juga merupakan komponen utama jaringan GPRS. GGSN mengubah paket data GSM dari SGSN menjadi paket TCP/IP. GGSN dan SGSN digunakan sebagai penghitung pembayaran pemakaian internet.



·         EIR – Equiptment Identity Register

EIR adalah database yang berisi data tentang perangkat bergerak. Dalam EIR bisa berisi data-data IMEI dari telepon selular yang diperbolehkan/tidak diperbolehkan memakai GPRS.



·         AuC – Authentication Center

AuC adalah database yang berisi informasi pengguna yang diperbolehkan memakai jaringan GPRS. AuC merupakan bagian dari HLR.



·         GPRS backbone networks

GPRS backbone network adalah intranet dari jaringan GPRS. GPRS backbone

networks adalah IP based.

Bagian yang paling penting dari jaringan GPRS adalah SGSN dan GGSN. Walaupun

dua bagian ini secara fisik bisa dijadikan dalam satu server, namun untuk menjaga keamanan

dan reabilitasnya, biasanya oleh pihak operator didistribusikan dalam jaringan GPRS

backbone. Dengan distribusi ini dalam mengimplementasikan server-server akan lebih

fleksibel. Arsitektur bisa dirancang sedemikian rupa disesuaikan dengan keadaan di masa

depan, misal ada penambahan server baru tidak akan merubah keseluruhan sistem.

Peluncuran GPRS

Peluncuran penuh layanan GPRS akan terlihat pada awal 2001, karena diperediksi sejak saat itulah jumlah pengguna telepon bergerak telah melebihi pelangan telepon kabel. Dampaknya nanti akan lebih banyak gateway ke internet melalui telepon bergerak daripada ke PC. Kondisi ini akan membuka pasar baru secara penuh untuk aplikasi internet yang akan menyaingi pasar internet yang berbasis PC, dan menarik orang yang menggunakan komunikasi bergerak secara lebih sering daripada menggunakan PCnya. Saat itulah GPRS akan menjadi sumber pemasukan baru bagi para operator yang dapat menyediakan akses layanan internet bergerak.

Sampai saat ini, sebagai alternatif GPRS yang sudah ada di pasaran adalah HSCSD yang dapat memberikan

Perangkat Genggam GPRS


Untuk mendukung karakter jaringan GPRS, tentu ada persyaratan tambahan pada perangkat keras genggamnya. Sebuah perangkat genggam GSM sekarang ini pada dasarnya memiliki ROM 1MB dan RAM 128KB. Untuk mendukung GPRS, WAP dan beberapa fungsi organizer, fabrikan mempertimbangkan kapasitas minimum 4MB ROM dan 512KB RAM, belum lagi layar peraga (display) beresolusi tinggi dan lebar ditambah dengan keypad, joystick mini. Tentu hal ini berdampak pada kenaikan harga perangkat genggam. Namun produk semacam ini nantinya ditujukan bagi pengguna atau pelanggan bisnis, yang selalu melihat piranti tunggal sebagai suatu hal praktis yang memenuhi komunikasi mereka dan kebutuhan organiser.

Sekarang ini, versi awal perangkat gengam GPRS baru dalam taraf digunakan untuk pesawat genggam

Jaringan GPRS

GPRS menggunakan modulasi radio yang sama dengan standar GSM, pita frekuensi yang sama, struktur burst yang sama, hukum-hukum lompatan frekuensi yang sama, dan struktur bingkai (frame) TDMA yang sama. Kanal-kanal data paket yang baru sangat mirip dengan kanal-kanal lalulintas percakapan tersakelar rangkaian. Dengan demikian BSS (Base Station Subsystem) yang sudah ada akan menyediakan cakupan GPRS lengkap mulai dari ujung jaringan. Namun dibutuhkan sebuah entitas jaringan fungsional baru, yakni PCU (Packet Control Unit) yang berfungsi sebagai pengatur segmentasi paket, akses kanal radio, kesalahan-kesalahan
transmisi dan kendali daya.

Penyebaran jaringan GPRS adalah dimulai dengan introduksi sebuah subsistem jaringan overlay baru

Alasan Teknis Penggunaan GPRS


Teknik transmisi data yang ada pada GSM sekarang ini bersifat membatasi pertumbuhan komunikasi data bergerak, hal ini dikarenakan kanal radionya yang bersifat tunggal dan berkecepatan rendah, senantiasa harus diperuntukkan khusus bagi setiap pengguna data selama durasi komunikasi (istilah teknisnya bersifat dedicated), misalnya untuk SMS (Short Message Service) 9,6 kbps. Pendekatan yang demikian ini (yang komunikasinya bersifat tersakelar rangkaian) pada akhirnya menyebabkan reduksi atau pengurangan kapasitas sistem secara keseluruhan dan memboroskan lebarpita.

Kondisi ini mendorong naiknya biaya operasi bagi operator jaringan yang pada gilirannya akan dibebankan kepada pemakainya. Sementara itu, GPRS yang menggunakan teknologi tersakelar paket (packet switching) memungkinkan semua pengguna dalam sebuah sel dapat berbagi sumber-sumber yang sama;

GPRS Sebagai Rantai Penghubung ke G3

Sudah banyak diketahui bahwa komunikasi bergerak kini sedang menuju ke generasi ketiga (G3). Namun sebelum masuk ke generasi ketiga yang memiliki kemampuan multimedia secara penuh, kunci awalnya adalah penggunaan GPRS, suatu teknologi data paket yang memungkinkan jaringan komunikasi bergerak GSM mampu menawarkan layanan data kecepatan lebih tinggi yang semula dari 9,6 kbps menjadi 115 kbps.

Perkembangan yang pesat bagi komunikasi bergerak mendorong para operator layanan berlomba untuk memperkaya macam layanannya guna menambah pemasukan bagi perusahaannya sambil tetap mempertahankan pelanggan yang dimilikinya. Komunikasi data bergerak, teristimewa untuk akses internet, nampaknya kini menjadi pendorong utamanya. Pengenalan WAP (Wireless Application Protocol) telah

Macam-Macam Jaringan Komunikasi Data


Jaringan komunikasi data dapat di klasifikasikan menjadi lima:
1. Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer) dan saling bertukar informasi.
2. Metropolitan Area Network (MAN)
MAN pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi