Operasi matematika dalam pemrograman Matlab sangat sederhana, sama halnya dengan memakai kalkulator biasa. Berikut adalah table operator matematika yang digunakan dalam pemrograman Matlab.
Operasi
Simbol
Contoh
Penjumlahan
+
A + B
Pengurangan
-
A – B
Perkalian
*
A * B
Pembagian
/ atau \
A / B atau A \ B
Perpangkatan
^
A ^ B

Pengetahuan tentang Matrik adalah suatu hal yang sangat mendasar dalam pemrograman Matlab, karena semua pola operasi matematika matrik akan dikembalikan dalam pola operasi matematika matrik. Sebagai contoh adalah ketika melakukan deklarasi variable a yang diisi dengan nilai 5 dengan cara sebagai berikut:
>> a = 5
a =
        5
Maka secara otomatis Matlab akan mengenal variable a tersebut sebagai sebuah matrik yang memiliki dimensi 1 kali 1. Dapat dibuktikan dengan cara sebagai berikut:
>> a(1 , 1)
ans =
           5
Perbedaan akan sangat terasa ketika melakukan operasi yang melibatkan perkalian dan pembagian. Sebagai contoh kita dapat mempergunakan kasus perhitungan luas dari data panjang dan lebar, kasus pertama disediakan masing-masing satu data panjang (5) dan satu data lebar (6), penyelesaian untuk kasus ini sebagai berikut:
>> pjg = 5;
>> lbr = 6;
>> luas = pjg * lbr
luas =
             30
Sedang untuk kasus kedua, disediakan masing-masing empat pasang data, panjang (2, 4, 3, 5) dan lebar (3, 5, 2, 3), jika menggunakan metode yang sama menghasilkan pesan kesalahan:
>> pjg = [2 4 3 5]
pjg =
          2             4             3             5
>> lbr = [ 3 5 2 3]
lbr =
         3             5              2            3
>> luas = pjg * lbr
???   Error using ==>  *
Inner matrix dimensions must agree.
Pesan tersebut adalah pesan kesalahan yang disebabkan oleh tidak terpenuhinya syarat perkalian matrik (ingat kolom matrik pertama harus sama dengan baris pada matrik kedua). Padahal yang kita inginkan bukan perkalian matrik melainkan perkalian antar pasangan data. Untuk menyelesaikan kasus tersebut kita hanya perlu menambahkan titik sebelum symbol operasi, sehingga hasilnya sebagai berikut:
  >> pjg = [2 4 3 5]
pjg =
             2             4             3             5
>> lbr = [ 3 5 2 3]
lbr =
            3             5              2            3
>> luas = pjg * lbr
luas =
            6          20          6              15
Keputusan untuk menggunakan operasi matematika antar elemen (menggunakan titik) atau operasi matematika antar matrik (tanpa titik) adalah sesuai kebutuhan anda sebagai pemrogram.