Disini saya akan mencoba menjelaskan sedikit mengenai mata kuliah pengantar teknologi internet dan new media yang sedang saya pelajari di semester tiga ini. Kompetensi mata kuliah ini, agar mahasiswa memahami konsep pemanfaatan teknologi internet dan new media serta dapat mengembangkan softskill yang dimiliki yang akan dapat berguna di kemudian hari.  

            Pertama kita bahas mengenai pengertian dari teknologi internet. Teknologi merupakan cara untuk mencapai tujuan yang lebih praktis dan mudah dibandingkan dengan cara primitif yang digunakan sebelumnya. Teknologi lebih berbau ke kehidupan modern atau sekarang dan masa depan. Tanpa teknologi, cara berpikir dan tingkah laku masyarakat akan tetap ketinggalan zaman dan lebih sulit. Jadi, teknologi membantu manusia dalam menjalani kelangsungan-hidupnya dan member kenyamanan bagi hidup manusia.
            Internet merupakan singkatan dari interconnected networking yang berarti hubungan antar beberapa jaringan, yang dapat pula diartikan sebagai sistem global(dunia) dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar internet protocol suite (TCP/IP). Para pengguna internet bisa berbagi informasi satu sama lainnya, mulai dari teks, gambar, audio, video, dan lainnya dengan mudah. Waktu dan jarak pun menjadi tidak begitu berarti.
            Nah, sekarang yang kita bahas, apa itu new media? New media merupakan istilah yang luas dalam studi media yang muncul di bagian akhir dari abad ke-20. Yang membedakan new media dengan traditional media adalah digitalisasi konten ke bit. Contohnya, new media mengulurkan kemungkinan on-demand akses ke konten kapan saja, dimana saja, pada setiap perangkat digital, serta umpan balik dari pengguna yang interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan komunitas di sekitar konten media.
           
            Teknologi internet dan new media, memberikan potensi untuk demokratis postmodern ruang publik, dimana warga Negara dapat berpartisipasi dalam debat baik informasi, non-hirarkis berkaitan dengan struktur sosial mereka. New media sebagai teknologi komputer digunakan sebagai platform distribusi, merupakan objek budaya yang menggunakan teknologi computer digital untuk distribusi dan pameran. Misalnya, internet, situs web, multimedia computer, blu-ray disk,  dan lain-lain.